Sabtu, 25 September 2010

manfaat facebook bagi perusahaan

Saat ini banyak sekali masyarakat yang aktif dalam menggunakan fasilitas Social Networking berbasis internet seperti facebook dan lainnya. Menurut saya facebook merupakan suatu fenomena dalam bidang bersosialisasi dalam dunia maya, keberadaan facebook bukan merupakan yang pertama dalam bidangnya namun meskipun sudah ada yang membuat situs jejaring social lebih dahulu tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan popularitas facebook.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Facebook mari kita lihat sekilas tentang sejarah Facebook. Facebook adalah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dioperasikan dan pribadi yang dimiliki oleh Facebook, Inc, dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif pada bulan Juli 2010, yaitu sekitar satu orang untuk setiap empat belas di dunia. Pengguna dapat menambahkan orang sebagai teman dan mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi mereka untuk memberitahu teman-teman tentang diri mereka sendiri. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan jaringan yang diselenggarakan oleh tempat kerja, sekolah, atau perguruan tinggi. Nama website berasal dari nama sehari-hari buku diberikan kepada siswa pada awal tahun akademik oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu siswa untuk mengenal lebih saling. Facebook memungkinkan siapa saja yang menyatakan diri mereka berusia 13 atau lebih tua untuk menjadi anggota website. Facebook didirikan oleh seorang mahasiswa di Havard University bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya Facebook dibuat hanya untuk mahasiswa di Havard University namun karena peminatnya berkembang pesat maka Facebook dibuat untuk masyarakat umum.
            Manfaat utama dari situs sosial seperti Facebook bagi perusahaan pada umumnya adalah sebagai media promosi, layaknya televisi Facebook tergolong sebagai media telekomunikasi.  Jika dibandingkan dengan media lain Facebook memiliki beberapa keunggulan sebagai media promosi.
            Keunggulan utama dari Facebook sebagai media promosi adalah jumblah penggunanya yang besar. Saya berasumsi demikian karena Facebook memonopoli pasar situs sosial ini diseluruh dunia sedangkan TV dan Koran dipegang oleh beberapa perusahaan sehingga persentase untuk pengguna media melihat promosi yang ditawarkan tentu lebih kecil dibandingkan dengan Facebook yang memonopoli pasar. Sebagai contoh penonton Indosiar mungkin tidak melihat iklan yang ditawarkan di RCTI, di pihak lain iklan yang dibuat di Facebook tentu lebih dilihat karena jumblah penggunanya yang besar.
            Keunggulan kedua dari Facebook sebagai media promosi adalah kemudahan dalam bernavigasi. Pada umumnya iklan di Facebook menyediakan fitur untuk melakukan transaksi secara langsung melalui internet tanpa mengharuskan penggunanya pindah dari tempat duduk, sedangkan iklan melalui media lain pada umumnya hanya berguna sebagai informasi tanpa dapat melakukan tindakan berikutnya.
       Dalam hal perusahaan facebook juga membuat interaksi antar karyawan lebih mudah, juga bisa dijadikan sebagai media penyampaian pesan sesama karyawan. Bertukar informasi maupun file. Sebagai atasan facebook juga bisa digunakan untuk mebuat forum komunitas tersendiri bagi para anggotanya saja. Yang bertujuan untuk melakukan hal-hal untuk suatu perusahaan atau organisasi tertentu. Misalnya dengan dibentuknya suatu komunitas untuk perusahaan A makan segalam masalah bisa didiskusikan dalam forum tersebut tanpa harus membuang waktu untuk membuka rapat.disini berarti adanya penghematan waktu dan biaya. Karena tidak terbatas waktu dan tempat facebook bisa diakse dimanapun , baik itu menggunakan computer atau perangkat handheld saja seperti handphone atau smartphone atau pda. Mungkin pada generasi selanjutnya facebook bisa menggunakan forum untuk conference seperti video call layaknya skype. Hanya saja kendala yang dimiliki adalah ketidakmampuan server dan infrastruktur penunjang..karena jumlah user facebook yang sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar